Tersangka Korupsi Anggaran Desa Rp 1 M, Kejari Tahan Eks Kades di Bekasi Tersangka Korupsi Anggaran Desa Rp 1 M, Kejari Tahan Eks Kades di Bekasi Kabar Korupsi - Berita Korupsi Hari ini - KabarKorupsi.com Tersangka Korupsi Anggaran Desa Rp 1 M, Kejari Tahan Eks Kades di Bekasi Berita Korupsi Hari ini, Kabar Korupsi Terpercaya - KabarKorupsi.com

Iklan

Tersangka Korupsi Anggaran Desa Rp 1 M, Kejari Tahan Eks Kades di Bekasi

KabarKorupsi.Com
12/10/19, 11:39 PM WITA Last Updated 2019-12-21T10:55:08Z
Eks Kades ditahan Kejaksaan (Foto: dok. Istimewa/detikcom) 

BEKASI, KabarKorupsi.Com - Eks Kepala Desa Karang Asih, Asep Maulana, ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bekasi. Asep ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2016.

"Per hari ini yang bersangkutan ditahan oleh penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi," ujar Kepala Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi Angga Dhielayaksa, Senin (09/12/2019).

Angga mengatakan tersangka diduga menyelewengkan dana APBDes 2016 berkaitan dengan dana bantuan desa dari Provinsi Jawa Barat maupun Pemkab Bekasi. Asep diduga merugikan keuangan negara Rp 1 miliar.

"Kerugian negara berdasarkan perhitungan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) itu kurang-lebih Rp 1 miliar sekian," tutur Angga

"Modusnya tentu bervariatif, ada yang fiktif, ada yang markup, tergantung dari kegiatan-kegiatannya," lanjutnya, seperti dikutip detikcom.
Eks Kades ditahan Kejaksaan (Foto: dok. Istimewa/detikcom) 

Kejari juga menyita sejumlah barang bukti berupa kuitansi dan stempel. Barang bukti ditemukan saat pihak Kejari melakukan penggeledahan di rumah tersangka maupun di kantor desa.

Asep ditahan di Lapas Kelas III Cikarang untuk 20 hari ke depan. Penahanan dilakukan untuk keperluan penyidikan.

"Selanjutnya akan ada penahanan lanjutan, namanya penahanan, yang dimintakan penyidik ke penuntut umum selama 40 hari. Setelah 40 hari, kalau nanti penuntut umumnya merasa berkas perkara sudah lengkap ataupun belum lengkap, nanti akan ada P18, P19, atau P21," kata Angga.

Asep merupakan Kades Karangasih, Kecamatan Utara, yang menjabat dua periode, yakni 2006-2012 dan 2012-2018. Kejari masih melakukan penyelidikan terkait dugaan adanya tersangka lain dalam kasus ini.

Asep dijerat Pasal 2 ayat 1 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Editor: Redaksi
1 2

Baca Juga

Komentar

Tampilkan

Berita Terkini

Berita Korupsi

+
CLOSE ADS
CLOSE ADS