Berita 6 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia yang Dibongkar Novel Baswedan Berita 6 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia yang Dibongkar Novel Baswedan Kabar Korupsi - Berita Korupsi Hari ini - KabarKorupsi.com Berita 6 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia yang Dibongkar Novel Baswedan Berita Korupsi Hari ini, Kabar Korupsi Terpercaya - KabarKorupsi.com

Iklan

Berita 6 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia yang Dibongkar Novel Baswedan

KabarKorupsi.Com
12/22/19, 12:36 PM WITA Last Updated 2020-01-23T00:39:57Z

Novel Baswedan. (Foto Istimewa) 

JAKARTA, KabarKorupsi.Com - Berita Kasus Korupsi di Indonesia hingga saat ini terus saja diperbincangkan oleh semua kalangan. Mengingat korupsi merugikan uang negara, sehingga efeknya kemiskinan dimana-mana.

Apalagi, sejumlah kasus korupsi yang diberitakan semua media di Indonesia sampai media luar merupakan bukti bahwa korupsi di Indonesia belum bisa dihilangkan.



Novel Baswedan, nama ini sudah tak asing lagi di deretan panjang kasus korupsi yang ada di Indonesia. Penyidik KPK yang sudah bergabung sejak 10 tahun yang lalu ini dipercaya untuk membongkar kasus-kasus korupsi besar yang melibatkan banyak pejabat tinggi yang sebelumnya susah untuk dijangkau.

Profil Novel Baswedan mencuat ke publik pertama kali di tahun 2012 ketika itu ada kasus besar yang melibatkan lembaga kepolisian Republik Indonesia. Setelah tahun 2012 nama Novel Baswedan tidak pernah lepas dari upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Berikut adalah 6 kasus korupsi besar di Indonesia yang pernah dibongkar oleh Novel Baswedan:


Kasus korupsi proyek simulator ujian SIM Korps Lalu Lintas Polri


Penyidik KPK senior ini pertama kali muncul di depan publik karena kasus korupsi yang melibatkan lembaga kepolisian. Proyek simulator SIM yang melibatkan Korps Lalu Lintas Polri ini juga sempat menjadi batu sandungan untuk Novel Baswedan.

Upaya pemberantasan korupsi oleh KPK ini sempat membuat dua lembaga negara ini memanas.




Kasus korupsi perizinan kebun sawit yang menyeret Bupati Buol


Di tahun 2009 Novel Baswedan juga sempat mendapatkan teroro ketika menyidik kasus Bupati Buol. Kasus korupsi yang menyeret Amran sang Bupati ini sempat membuat Novel masuk rumah sakit selama dua hari.

Ketika menggelandang Bupati Buol, motor Novel Baswedan ditabrak hingga ringsek. Kasus yang membahayakan nyawanya ini tidak membuat Novel Baswedan takut.


Kasus korupsi Wisma Atlet Hambalang


Kasus korupsi besar di Indonesia ini juga ditangani dan dibongkar oleh Novel Baswedan. Skandal yang terjadi tahun 2011 ini juga sempat membuat hubungan KPK dan pemerintah memanas.

Kasus korupsi Wisma Atlet Hambalang menyeret nama besar Partai Demokrat mulai dari Nazarudin sampai Angelina Sondakh.

Tindak pidana korupsi yang melibatkan banyak pejabat negara ini menjadi salah satu kasus korupsi besar yang ditangani oleh Novel Baswedan.


Kasus Jual Beli Perkara Pemilukada


Upaya pemberantasan korupsi ini juga mampir ke lembaga hukum tertinggi di Indonesia. Kasus jual beli perkara Pemilukada yang melibatkan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar juga sempat membuat kaget publik.

Akil terbukti menerima suap dari sengketa Pilkada dari Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Pilkada Lebak di Banten, Pilkada Empat Lawang, dan Pilkada Kota Palembang.

Kasus besar ini juga berhasil diungkap oleh sosok penyidik KPK Novel Baswedan dan menyeret Akil Mochtar ke tahanan.


Kasus korupsi suap pemilihan Dewan Gubernur Senior Bank Indonesia



Tahun 2011 saat pemilihan Dewan Gubernur Senior Bank Indonesia terjadi tindak kasus korupsi yang melibatkan pejabat senior Miranda Goeltom.

Kasus suap senilai Rp 20,8 miliar ini menyeret eks Deputi Gubernur BI Miranda S Goeltom.


Kasus Korupsi e-KTP


Tindak pidana korupsi terbaru yang dibongkar oleh Novel Baswedan adalah korupsi e-KTP. Kasus Novel Baswedan terbaru ini yang kembali membuat Novel diteror. Kasus pengadaan KTP elektronik pada tahun 2011, terbukti merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

Kasus besar ini menyeret nama-nama besar pejabat legislatif dan eksekutif. Banyak yang menduga Novel Baswedan disiram air keras karena sedang menyidik kasus korupsi elektronik KTP.



Pemberantasan korupsi di Indonesia yang ditangani oleh Novel Baswedan masih banyak yang menjadi misteri. Walaupun sering diteror dan diancam Novel Baswedan masih terus bekerja profesional.

Novel Baswedan seorang pemberani yang selalu melibatkan diri untuk membongkar kasus-kasus besar di Indonesia. Butuh nyali yang kuat untuk membongkar kasus korupsi di Indonesia. Maka dari itu, dibutuhkan dukungan dari masyarakat agar korupsi dapat dikurangi sampai bersih.

Penulis: Redaksi
Halaman 1 2 3 4

Baca Juga

Komentar

Tampilkan

Berita Terkini

Berita Korupsi

+
CLOSE ADS
CLOSE ADS